Metode Pembiasaan Mendidik Anak dalam Perspektif Al-Ghazali dan Relevansinya di Era Modern
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, F. (2019). Relevansi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 248-264.
Abdullah, N. A. (2018). The impact of al-Ghazālī’s philosophy of education on Muslim educational practices. Journal of Education and Learning, 7(2), 14-24. https://doi.org/10.5539/jel.v7n2p14.
Abu Bakar, A.K. & Abu Talib, N. (2017). Metode Pembiasaan Al-Ghazali dalam Mendidik Anak di Era Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 76-89.
Al-Abbasi, T., Al-Sharafi, M., Al-Maamari, N., Al-Saadi, R., & Al-Hamadani, W. (2021). The relevance of Al-Ghazali's methods in raising children in modern times. Humanities & Social Sciences Reviews, 9(3), 186-192. https://doi.org/10.18510/hssr.2021.9330
Al-Abrasyi, A. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Al-Abrasyi, M.A. (2010). Al-Tarbiyah Al-Islamiyah wa falasifatuha. Bairut: Dar Al-Fikri
Al-Ghazali, H. M. (2012). Ayyuhal Aulad. Bairut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah
Al-Ghazali. (1971). Ihya’ ‘Ulum al-Din. Beirut: Dar al-Kitab al-Arabi.
Ali, K. M. (2020). Al-Ghazali’s philosophy of education: An analysis. Journal of Islamic Thought and Civilization, 10(2), 69-82. https://doi.org/10.32350/jitc.102.04
Al-Khatib, M.A., Al-Fudail, A.M., & Al-Abdulqader, A.K. (2016). Metode Pembiasaan Al-Ghazali dalam Mendidik Anak di Era Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 167-178.
Aslan, S., & Yilmaz, K. (2021). The views of Al-Ghazali on child education: A qualitative study. International Journal of Progressive Education, 17(4), 68-79. https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.332.7
Bararah, A. (2019). Analisis Pemetaan Kompetensi Guru Fisika SMA dengan Standar Nasional Pendidikan di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 25-34.
Darajat, Z. (2001). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung, PT. Rosdokarya.
Darajat, Z. (2011). Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Dewantoro, K. H. (2012). Pendidikan sebagai upaya untuk menuntun kekuatan atau kodrat yang ada pada diri setiap anak. Jurnal Pendidikan, 16(2), 21-26.
Fakhri, M. (2017). Al-Ghazali’s concept of education and its relevance to contemporary education. Journal of Education and Practice, 8(13), 62-68.
Hasan, T. (2005). Konsep pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.
Iqbal, S., & Sajid, M. (2021). Al-Ghazali’s educational philosophy and its relevance in modern times. International Journal of Islamic Thought, 19(1), 69-82. https://doi.org/10.24035/ijit.19.1.05
Jassim, R. H. (2015). Al-Ghazali's perspective on child education: An analytical study. International Journal of Education and Practice, 3(2), 51-58.
Langgulung, H. (2010). Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Li, H., Chen, Y., & Chen, Y. (2020). Penerapan Metode Pembiasaan Al-Ghazali dalam Mendidik Anak di Era Modern. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 58-67.
Moussa, H. (2019). Al-Ghazali’s concept of education: An analytical study. Journal of Islamic Studies and Culture, 7(1), 7-20. https://doi.org/10.15640/jisc.v7n1a2
Nurjanah, E., & Kurniawati, L. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Metode Pembiasaan dalam Perspektif Al-Ghazali. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 18(2), 327-342.
Rahman, F. (1967). The Qur’anic Solution of Pakistan’s Educational Problems. Islamic Studies, Vol. 6, No. 4.
Santrock, J. W. (2014). Educational psychology. New York: McGraw-Hill.
Suhairi, S., Anitah, S., & Kamisah, O. (2018). Mendidik Anak dalam Membangun Kemampuan Intelektual. Jurnal Pendidikan Malaysia, 43(1), 55-65.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wehr, H. (1975). A Dictionary of Modern Written Arabic. New York: Spoken language services.
Yunus. (1990). Kamus Arab-Indonesia. Semarang: PT. Alma'arif.
DOI: https://doi.org/10.56322/jeer.v1i2.33
Refbacks
- There are currently no refbacks.